Friday, August 29, 2008

Renungan di Akhir Agustus 2008

Hampir, dua puluh hari lebih, aku tidak menulis blog ini. Bukan karena sibuk...tapi karena hilangnya inspirasi "menulis dalam blog" dalam bulan ini.

Banyak lakuku yang kurasakan dengan senang, kunikmati gembiraannya, namun ada pula yang kuhadapi dalam sedih dan mengharuskanku menangis ... datang kegembiraan dan datang pula kesedihan.

08/08/2008 - Dalam kenangan, bulan ini aku mengingati Ayahku tercinta yang telah berpulang ke rahmat Allah, 18 tahun silam, dalam do'aku ... semoga Allah mencucuri rahmat dan ampunan Nya kepada ayahanda, Soeroso Sri Sedjati. Langkah dan cita-citamu, aku akan lanjutkan, ayah.

12/08/08 - Bunda Haya, selamat ya .. untuk wisuda (konvokesyen) masternya ... atas ridho Allah dan kerja kerasmu setahun tepat dalam program PostGraduate Master Program of Environmental Engineering telah membuahkan hasil. Hari itu, Bunda ditemani oleh Aku, Mama Umi (yang telah datang beberapa hari sebelumnya), Haya, Nita, keluarga pak Irsyadi (thanks to Pak Ir dan Mbak Resti serta Keiko cantik), mas Slamet ... mas Haris..(bareng konvonya), dan semua kawan dan sahabat yang tidak tertuliskan disini.

Sukses selalu..dan sukses untuk studi lanjutnyanya di program Ph.D. Nanomaterial in Geoenvironmental Engineering. Aku juga menyampaikan selamat untuk mas Slamet dan mas Haris yang konvo pada hari yang sama.

15/08/08 - Telepon pagi itu, mengangetkanku. "Pak Sri...ada berita duka....Pak Gendut telah berpulang ke rahmat Allah.." Begitulah berita yang aku terima jum'at pagi itu. MasyaAllah...innalillahi wa innailaihi roju'un....seorang Guruku, Kolegaku, Sahabatku dan kn, telah menjadi Saudaraku, Gendut Hantoro, telah berpulang kerahmat Allah....Tuhan, ampunilah dosa dan kesalahannya, cucurilah kerahmatan untuknya, mudahkanlah langkahnya di alam keabadianMu dan tempatkanlah dirinya dalam keadaan yang sebaik-baiknya di sisihMu. Selamat jalan Pak Gendut.....cita, karya dan harapanmu dalam kajian transportasi, akan aku teruskan, insyaAllah.

Semoga keluarga yang ditinggalkan, khususnya kepada Ibu Kun Ma’rufah Cahyani dan dua orang putrea puteri beliau, Balqis Hanifa Zahra dan Aufa Hanif; diberikan kesabaran dan ketabahan dalam menerima takdir dan kehendak Allah ini. Semoga Allah tingkatkan derajat keluarga pak Gendut yang ditinggalkan.

Kontribusi Allahuyarham Gendut Hantoro dalam bidang transportasi bisa dilihat dalam CV ini. Beliau juga turut membangun LATEI, Laboratory of Transportation Engineering and Infrastructures (LATEI) UMY. Berita kepulangan beliau bisa dibaca dalam web resmi UMY disini.

22/08/2008 - Kegembiraan, putri tercinta kami, berulangtahun ketiga, dengan acara syukuran yang sederhana, aku dan seluruh keluarga memanjatkan do'a untukmu.selamat panjang umur sayang...tambah cantik, dan dicantikkan semoga oleh Allah kepadamu lahir dan batin. Menjadilah anak bangsa Indonesia yang berakhlaq mulia...bangun dan jagalah hatimu untuk senantiasa berpegang teguh kepada perintah agama dan sunnah nabi. Haya, dalam do'a kami berharap, Allah menjagamu dalam kesejahteraan, kerahmatan dan cintanya.

No comments: