Monday, January 28, 2008

Selamat Jalan Pak Harto ...

Ketika aku bersekolah di SD, SMP hingga SMA ... aku teringat ... akan selalu melihat fotonya terpampang di atas papan tulis ... Ia adalah pak Harto... presiden RI ketika itu.

Turut berduka cita atas meninggalnya salah seorang anak bangsa terbaik Indonesia, Muhammad Suharto, mantan presiden RI kedua. Sebagai sesama muslim, aku mendo'akan semoga Allah mengampuni segala kesalahan beliau dan diterimanya seluruh amal ibadahnya. Amien. Terlepas dari kontra-versi status hukum yang sedang dijalani beliau, aku mengucapkan "terima kasih" atas pengabdiannya kepada bangsa dan negara Indonesia.

Manusia tak lebihnya adalah hamba dan makhluk yang tentunya memiliki salah dan sejarah kelam ... dan tak ada makhluk Allah yang sempurna ... ketika saatnya maut menjemput, sudahlah pasti ia akan membawa catatan perbuatannya untuk dipertanggungjawabkan ke Illahi Robbi ... keikhlasan untuk memaafkan kesalahannya adalah salah satu kewajiban seorang muslim terhadap muslim lainnya. Mengenai adanya hak anak adam yang masih dilanggar dan belum tertunaikan, adalah persoalan lain (dunia) yang bisa dituntut sesuai mekanisme hukum yang berlaku di negaraku Indonesia (karena hukum negara memang harus ditegakkan); atau secara pribadi ... menunggu pengadilan Maha Agung kelak... ; atau jika merelakan ... waris atau terkorban yang dilanggar haknya bisa mengikhlaskan...dan mungkin itu lebih baik. Wallahu a'lam

Selama jalan pak Harto ...

No comments: