Wednesday, November 14, 2007

Persiapan untuk Jalan-Jalan ... Bagian 2


Perjalanan ke Luar Negeri, berkesempatan untuk mengenal kehidupan masyarakat di belahan bumi lainnya ......

...
sambungan dari posting sebelumnya.









... Cari info perwakilan
atau kedutaan kita disana, serta catat beberapa telepon penting seperti polisi, airport, taksi, hotel tempat kita menginap, dll...usahakan cari kawan kita disana (jika ada..).

  1. Sebelum memasuki negara lain, pastikan Anda mengenal sedikit tentang bahasa ibu yang digunakan. Tulislah beberapa kata penting yang perlu Anda mengerti dan bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan masyarakat negara tujuan jika sekiranya mereka tidak mengerti bahasa Inggris atau bahasa Anda. Ini sangat penting khususnya untuk memberikan arah yang tepat kepada sopir taksi misalnya, atau angkutan umum, atau bahkan untuk pemilihan makanan. Misalnya, tulislah terjemahan dalam bahasa mereka beberapa makanan yang diharamkan oleh agama, misalnya babi, minyak babi, dll. Pengalaman saya ketika di Taiwan, beberapa mie instant dengan rasa "seafood"terkadang dimasak atau diolah dengan minyak babi, jadi perlulah kita mengenal istilah yang mereka gunakan dan Anda mengkomunikasinya dengan baik kepada mereka. Bahasa tulisan merupakan salah satu alat jitu untuk komunikasi terbatas ini. Tapi jika Anda ada penunjuk jalan orang lokal atau kebetulan ada saudara atau kawan yang tinggal di negara Anda tuju, tentulah hal itu lebih menyenangkan.
  2. Gunakan waktu Anda sebaik mungkin untuk melakukan persiapan perjalanan khusunya kondisi fisik (sebelum berangkat) perlu dijaga, jangan sampai Anda sakit ketika berada di negara orang...karena "kurang" bisa menikmati perjalanan Anda. Untuk urusan kesehatan ini, ada catatan yang terkait dengan administrasi kesehatan yaitu asuransi. Beberapa negara memiliki persyaratan bagi visitor untuk memiliki asuransi kesehatan. Biasanya jika Anda hanya tinggal beberapa minggu atau bulan, gunakan asuransi perjalanan yang banyak tersedia di biro2 perjalanan. Biasanya mereka (pihak kedutaan) akan meminta bukti asuransi yang masih berlaku ketika apply visa, maka sediakanlah sebelum Anda ditanya !
  3. Persiapkan obat-obatan pribadi. Kalo aku biasanya menyiapkan obat2 seperti obat pusing, flu, salep 'koyok' (biasanya sangat berguna kalo "keseleyo" atau kecapekan habiz jalan-jalan ... hehehe) dan obat sakit perut atau diare !
  4. Kalo sekarang jamannya IT ... jangan lupa, sebelum berangkat, check dulu voltages yang berlaku dinegara yang dituju dan sesuaikan charger alat elektronik Anda yang akan dibawa. Terutama "terminal" atau bahasaku "colokan", kadang sangat berbeda..ada yang dua..tiga...dua pipih, dsb. Pastikan beli terminal yang baik...biasanya di supermarket tersedia untuk traveler yang isinya udah bermacam-macam jenis "colokan".
  5. Waaah..kalo kangen nelpon rumah bagaimana ? Kalo Anda pelanggan salah satu operator GSM, dls di Indonesia, silahkan terlebih dulu menghubungi operator seluler Anda untuk menanyakan fasilitas Roaming Internasional dan Rate-nya.... Kalo terlalu mahal, jangan kuatir...biasanya di beberapa negara tersedia fasilitas telepon kartu internasional, atau bahkan bisa mendaftar GSM asal negara tersebut..biasanya akan lebih murah !
  6. Siapkan kamera Anda...kalo perlu siapkan extra Memory Card ... apalagi kalo sukanya jeprat-jepret sana sini.... Tapi kalo Anda membawa notebook, menjadi lebih baik karena setiap harinya Anda bisa mentransfer hasil jepretan Anda !
  7. Siapkan uang pecahan negara yang Anda tuju...biasanya sangat diperlukan bila membayar taksi, beli minuman atau makanan ringan dll., ketika setibanya Anda di negara yang dituju ...
  8. Terakhir...jangan lupa banyak do'a...semoga perjalanan Anda selamat hingga kembali ke tempat asal...Selamat Berpergian ! Have a nice trip !

No comments: