Monday, November 12, 2007

Persiapan untuk Jalan-Jalan ... Bagian 1


Perjalanan ke Luar Negeri, berkesempatan untuk mengenal kehidupan masyarakat di belahan bumi lainnya merupakan satu hal yang menyenangkan ! Entah untuk berlibur, bekerja, seminar ... bahkan sekolahpun diarungi dengan kegembiraan...(... kalo sekolah sebenarnya menurutku ngak ada yang mudah dan tentunya beberapa bulan/tahun ke depan kerasa bener harus dilalui dengan bersusah payah, namun kalo udah namanya sekolah ke luar negeri .. hmmm pastilah hatinya tambah seneng).

Dalam posting ini aku tuliskan sedikit catatan penting untuk persiapan diri dan beberapa hal yang penting perlu dilakukan sebelum melakukan pejalanan ke luar negeri. Bagi mereka yang sering jalan ke luar, tentunya catatan ini udah biasa. Namun ada satu hal yang menarik ... aku tuliskan s'dikit catatan untuk seorang muslim yang bepergian. Kadangkala banyak hal yang ketika kita udah berada di luar, jadi serba salah ... dan bingung.

  1. Persiapkan dokumen perjalanan yang sah ! (hehehe pasti dong..., kalo nggak udah kena cegat pak Imigrasi!). Mempersiapakan dokumen perjalanan tidak seperti mempersiapkan kartu ID lainnya...perlu waktu (normalnya sich, pengalamanku 7 hari). Lagi pula, perlu verifikasi dokumen yang lengkap dan sah! jadi jadwalkan pengurusan dokumen ini jauh hari sebelum berangkat. Ini juga nantinya terkait dengan pemesanan tiket, booking hotel atau penginapan dan transaksi lain yang perlu disiapkan di tanah air. Untuk yang udah punya passport ! jangan lupa, lihat tanggal expire -nya, beberapa negara membolehkan foreigner masuk ke negaranya dengan dokumen passport yang masih berumur 4 bulan sebelum kadaluarsa, namun ada beberapa yang lebih (6 bahkan 10 bulan). Jadi buat planning waktu yang baik, termasuk untuk pengurusan dokumen perjalanan. Jika nggak sempat, beberapa agen perjalanan menawarkan jasa pembuatan passport, namun harganya jauh lebih tinggi dari harga normal. Biasanya ini diambil untuk mereka yang nggak punya waktu untuk antri di kantor imigrasi dan tentunya proses bolak balik ngurusinnya.
  2. Pesan tiket ! Ambil jadwal yang tepat. Jika emang mau bepergian untuk keperluan seminar atau kerja yang waktunya nggak bisa dipilih...tentunya ngak bisa pesan tiket dengan jadwal fleksibel atau kata lain, nggak banyak pilihan. Tapi bagi yang pingin jalan2 atau keperluan lain yang koceknya terbatas ... pemesanan tiket perlu jauh2 hari sebelumnya, bahkan bisa 3-6 bulan sebelumnya. Yang perlu menjadi catatan: a. hindari peak season (silahkan tanya ke biro jasa, mereka pasti ada info untuk ini !) biasanya sekitar bulan Juni-Agustus dan November-Januari); b. Perlu dibandingkan harga tiket beberapa operator jasa penerbangan; khususnya untuk penerbangan yang tidak langsung (baca:perlu transit), lamanya waktu transit dan fasilitas yang disediakan oleh perusahaan penerbangan juga perlu menjadi pertimbangan...apalagi yang bosenan untuk "long trip" di udara (kayak saya, heheheh...). Untuk tiket ekonomi, biasanya tidak banyak fasilitas yang disediakan oleh perusahaan penerbangan, dengan kata lain, kalo transit lama ya...siap2 boring di airport !...dan terakhir cari harga yang murah, hehehehe..... (kan lumayan kalo ada spare uang ... bisa beli'in oleh2 yang buanyyyaaaaaaakkk !); c. Biasanya kalo sekedar visa sosial atau turis, perlu tiket pulang pergi. Tanyakan kepada kedutaan besar atau perwakilan negara yang dituju, berapa batas waktu tinggal bagi visitor. Jadi jadal tiket bisa dipesan dengan tepat ! kalo nggak bisa terancam ngak dapet visa, atao diomelin imigrasi negara yang dituju, atau kalo pun kebetulan lolos, bisa kena deportasi, hehehehe. Oh ya, satu lagi, jangan tepatkan tanggal/jadwal pulang (tiket pulang) tepat sama dengan tanggal waktu habisnya visa !
  3. Tanyakan persyaratan mengurus Visa di jauh hari sebelumnya! Hanya terdapat beberapa negara saja yang orang kita (baca:Indonesia) boleh masuk tanpa mengambil visa visitor di perwakilan negara di Indonesia, contoh negara2 Asean, Hongkong...Untuk masuk ke negara tersebut, kita biasanya cuma perlu menunjukkan tiket PP, uang (jika ditanyakan),langsung dapet "COP 1 Bulan"...Tapi kalo negara2 Eropa biasanya banyak sekali syaratnya...yang paling penting adalah menunjukkan bukti "siapa yang menjadi sponsor kita" kalo nggak ada ... biasanya perlu menunjukkan "rekening dengan jumlah minimal tertentu untuk 3 hingga 6 bulan akhir". Jadi tanyakan persyaratan2 yang perlu disiapkan untuk mendapatkan visa guna memasuki negara tersebut, jauh hari sebelum keberangkatan...silahkan hubungi by phone dulu...tanyakan selengkap2nya informasi yang diperlukan. Jangan harap mereka akan menerima aplikasi visa kita, jika ada satu dokumen yang belum dilengkapi. Apalagi kalo ngurusnya harus ke Jakarta....huhuhuh repotnya...
  4. Siapkan kelengkapan khusus ibadah ! Untuk kaum muslim, tentunya, adalah wajib menjaga sholatnya. Jika memungkinkan, dapatkan jadwal sholat tempat negara yang dituju (biasanya banyak di internet...) dan termasuk arah kiblat, informasi masjid atau islamic center (jika ada). Kalo perlu, bawa kompas kecil, kadangkala kita mis-orientasi berada di negara orang.
  5. Pesan menu Vegetarian jika dirasa meragukan. Sekedar mengingatkan, menjaga adalah sangat lebih baik...apalagi menjaga darah kita yang mengalir di tubuh berasal dari sesuatu yang makruh bahkan haram, terutamanya dari makanan. Kehalalan makanan tidak hanya dari makanan yang mengandungi unsur Babi atau Hewan yang diharamkan lainnya saja, melainkan juga hewan berdaging (ayam misalnya) yang disembelih tanpa namaNya. Jika meragukan kehalalan makanan yang disajikan, pesanlah (atau tanyakan) untuk menu2 vegetarian ketika memesan tiket pesawat, memesan tempat hotel, di tempat seminar, tempat kerja, dll. Apalagi jika sebagai visitor yang datangnya sementara. Kalo perlu, bawa beberapa makanan kering, mie instan misalnya atau kue kering untuk mengisi perut kita ketika hari pertama sampai di negara tujuan ! (Kalo saya biasanya bawa "jar" mini untuk memasak air...)...
  6. Cari info perwakilan atau kedutaan kita disana, serta catat beberapa telepon penting seperti polisi, airport, taksi, hotel tempat kita menginap, dll...usahakan cari kawan kita disana (jika ada..).
  7. .... Bersambung

No comments: