Thursday, December 6, 2007

Berkarya untuk Energi Terbarukan !

Premium 90 dikeluarkan Pertamia dengan harga Rp. 6.750/Liter ... dan akan diproduksi mulai pekan depan. Silahkan baca lengkapnya disini.

Pertamina juga akan membatasi penjualan Premium biasa di beberapa SPBU. Ungkap pertamina, bahwa Premieum 90 ini akan dijual kepada khalayak golongan atas (baca: orang kaya), sedangkan Premium biasa untuk golongan bawah. Tapi apa bisa pake pembatasan pembeli, sedangkan semuanya diserahkan ke pasar untuk memilih ? Lihat aja kalo pas pengumuman harga BBM naik, misalnya beberapa tahun lalu aku lihat sendiri, beberapa mobil "merek bergengsi" juga ikutan ngantri tuh ! Lalu, sebenarnya bagaimana mekanisme sistem distribusinya untuk Premium 90 ? sebenarnya ini yang mungkin perlu dibahas lebih lanjut ! mengenai Pertamina akan mengeluarkan banyak produk...itu "monggo saja" tapi kalo pematasan "premium" biasa ... apa iya bisa ? (maksudku: sesuai tujuan awal begitu!)
Nada keberatan juga diutarakan oleh Heru Sutomo (pustral UGM) yang menilai, kebijakan pembatasan premium tak simpatik dan tak cerdas. Meski nilai perkiraan penghematan Rp 6 triliun sangat besar, tetapi tidak sebanding dengan social cost yang akan timbul sebagai dampak kebijakan itu (baca juga lengkap komentarnyadisini.)
Kalo kebijakan ini dinilai kurang baik, tentu perlu solusi kan ? Ada langkah perencanaan jangka panjang untuk memenuhi kebutuhan energi di Indonesia, khususnya transportasi adalah dengan berfikir ke energi alternatif. Ini lebih kepada menjawab pada masalah dan tantangan tentang ketersediaan minyak bumi yang terbatas, ketergantungan kebijakan minyak dunia dan pengaruh kenaikan harga dunia. Semestinya mulai sekarang, kita, berfikir dan berkarya untuk energi terbarukan bagi bangsa kita. Banyak potensi sumber daya alam di Indonesia yang tersedia, hanya kita perlu lebih "concern" lagi dan bersungguh-sungguh. Anda setuju ?

No comments: