Wednesday, September 12, 2007

Besuk Mulai Berpuasa ...sedikit catatan kuliner

Besuk sudah mulai berpuasa, Alhamdulillah ... entar malam bersama-sama kita dah mulai dirikan sholat tarawih. Puasa kali ini ... , setelah sudah 4 Ramadhan lalu (tahun 2001, 2002, 2003, 2006)... insyaAllah adalah bulan Ramadahan yang ke-5 di tahun ini dilalui lagi di Malaysia. Kembali aku akan merasakan puasa di negeri orang; meskipun disini sebenarnya puasa tidaklah jauh berbeda di Indonesia; karena mayoritas penduduknya adalah Melayu Islam. Jadi, insyaAllah mungkin tidaklah sukar bagi kami untuk melewati suasana ramadhan dengan lingkungan sekitar yang mendukung. Aku sempat berfikir juga; jika Ramadhan harus dilalui di negeri orang yang mayoritas penduduknya bukan Muslim, tentunya, ada tantangan dan ujian tersendiri ... dari lingkungan di kampus, tempat kerja, sekitar rumah (tetangga) dll. Kayak saudaraku ... mas Dony di Pennsylvania; mas Izzi di Nottingham, ... rekan-ku pak Bambang di Athens, kolegaku bu Ama di Texas, dll.

Aku pun jadi teringat Ramadhan 9 tahun lalu, ketika aku masih duduk di bangku kuliah S-1 di Yogya ... ketika aku masih di kost bersama temen2 ... di Gang Puntodewo; Wirobrajan. Setiap bangun sahur, kami harus bergegas pergi ke Jalan Kapten Tendean, untuk makan di Warung Angkringan dekat Primagama atau Rumah Makan Padang yang memang dibuka saat sahur... Cepet2 juga ... kalo nggak; dah mepet waktu imsyak ... biasanya nggak kebagian lauk, hehehehe;

Kalo diangkringan biasanya kami makan nasi bungkus yang berisi sambel teri (ikan asin) atau sambel dan potongan bandeng....kita biasanya panggil nasi bungkus tersebut sebagai nasi kucing ... (karena mungkin biasanya untuk dimakan kucing kalo ya...hehehehe). Terus yang pasti "segelas es TeH...sedaap, Tehnya biasanya cukup pekat dan manis.

Sesekali jika kurang lauknya (udah habis duluan, karena biasanya potongan ikannya keciil betul, hehehe), kami ambil "ceker ayam" (kaki ayam) atau "sate usus" atau "sate telur puyuh", kalo ceker ayam, biasanya kita akan minta "pak Jual Angkirngannya" untu k dibakar dulu...sate ceker ceritanya. Cukup 1500 perak perut dah kenyang....seeedap ! (ketika itu cukup 1500 ..kalo sekarang mah udah jadi 3000 perak, maklum semua bahan pokok dah naik)... kita ada slogan nich...ANGKRINGAN = SOLUSI MAKAN MAHASISWA di JOGJA, hehehehe....


Pernah juga aku merasakan hari terakhir puasa di Yogya, saat itu banyak temen2 kost yang belum pulang karena nggak ada duit, hehehehe.... Pagi itu, kami bergerak dengan lugas mencari sahur di Kapten Tendean...Uuuuhhhhhhh udah nggak ada yang buka ... banyak warung makan tutup dan Angkringan yang tak jualan, nampaknya ada satu pergerakan masal yang menarik di Yogya....yaitu "MUDIK RAYA" ... Yogya jadi sepi bener. Aku dan temen2 harus mencari2 Lesehan yang masih buka, alhasil, dapet juga di samping SMA 6 Jogja, Jalan Cik Dik Tiro, dekat Terminal Terban ...... huh, jauh juga mau makan sahur; dari Wirobrajan ke Terban...itupun dapetnya "nasi Gudeg" hehehehehe.... Jadi teringat..aduh pingiiin maem nasi Gudeg (nggak pa pa belum puasa kan hehehehe) ... Oh ya, ketika tinggal di Malaysia, kadang aku dan keluargaku sangat sering "kangen" masakan2 khas Jogja, maklum Wong Jowo, hehehehe, cuba bayangi...Nasi Gudeng (Nangka Muda), dicampur Daging Ayam (disuwir-suwir...artinya daging saja) atau lauk telur rebus, terus ditambah sayuran dan disiram kuah dan sambel kerecek.....huuuuuuu.....pesan dong ! ... (ada yang mau kirim ?)

Kalo di Malaysia, kita buat sahur sendiri (masak sendiri), karena kita bisa "lebih memilih selera". Terus terang, bagi kami; masakan komersil di Malaysia cukup membosankan dan ini lebih karena aku sendiri nggak seberapa suka (baca: tidak terbiasa) dengan "bumbu rempah" atau "kari".

Kalo sekali sekala ... boleh lah makan, tapi tak boleh buat makan tiap hari (ungkapan bhs.Malay); kalo sesekali saja masih mau, tapi kalo setiap hari jadi nggak suka deh... Makanan Kari atau Kare ini merupakan akulturasi rasa dari India dan dicampur masakan melayu yang memang sudah bernuansa "santan pekat", dan "berlemak"....

Tapi, apapun lauknya, makannya, yang penting ... selamat sahur deh, besuk dah puasa !!! Jangan lupa pasang "JAM BEKER yang bunyinya KRRIIIIIIIIIIIING nyaring... ", aktifkan "ALARM HP" pokoknya apapun alat untuk bisa membangunkan makan sahur. Selamat Berpuasa.

Gambar yang ditampilkan dalam tulisan ini diambilkan dari beberapa gambar dalam blog atau web diantaranya (terima kasih atas ijin pemuatan gambarnya):

Khusus untuk Kang Dendy 'Ade', thanks so much for your photo (photo of Angkringan)....ditunggu foto lainnya.

Sumber Foto:
Kari: http://dppwp.wordpress.com

Gudeg Jogja: http://www.wisatanet.com/travel_kuliner.php?kode=1&id=8
Angkringan :
http://ade.blogsome.com

No comments: