Monday, March 22, 2010

...seorang pakar "Mechatronics" yang rendah hati itu telah pulang ke rahmat Allah


In Memorial: Prof.Dr.Wahyudi (Allahuyarham), semoga Allah mencucuri rahmat dan ampunan kepada beliau.

Seorang sahabat,

Adalah Wahyudi namanya, begitu beliau menyebutkan namanya ketika memperkenalkan diri. Seorang yang ahli bidang Mechatronics yang kukenal sembilan tahun lalu. Sosok yang sederhana dan rendah hati menurutku. Perkenalan tujuh tahun lalu ketika itu aku dikenalkan oleh seorang teman, dosen UMY (www.umy.ac.id) yang kebetulan pada waktu itu masih mengambil program master di IIUM (www.iium.my). Beliau adalah dosen di IIUM dalam bidang mechatronics. Satu bidang yang teramat kompleks menurutku, namun beliau mampu menghasilkan banyak karya ilmiah dan penelitian serta membimbing mahasiswa riset untuk mencapai kemajuan-kemajuan ilmu dalam bidang ini dengan "excellent".

Beliau yang memprovokasiku untuk melanjutkan studi di University of Tokyo pada awal 2004an lalu. Aku sempat mendaftar untuk program Dr.Eng disana, meski tidak jadi kujalani karena keterbatasan beasiswa. Aku masih ingat beliau menyarankanku..."Ayo, Sri...tetap berangkat ke sana, disana banyak beasiswa kok, jangan menyerah ya..." Namun ketika itu, aku tetap tidak jadi berangkat karena alasan finansial dan kontrak kerja yang harus kulalui setelah menjalani karyasiswa S-2. Sejak saat itu, aku sering bertemu beliau dalam acara di UMY, ketika seminar khusus dosen JTM UMY dan beberapa acara kemuhammadiyahan di Kuala Lumpur.

Beliau sering memberikan motivasi dan semangat untuk senantiasa belajar tanpa kenal batas....perjuangan beliau untuk kemajuan kelimuwan memang patut dicontoh dan diteladani. Dalam usianya yang tergolong mudah, IIUM telah mengangkat beliau sebagai "Professor" penuh. Terakhir aku berjumpa beliau pada bulan Desember 2009, di satu seminar di IIUM. Seperti biasa, kami bercanda dan bertanya kabar masing-masing. Sejak saat itu, aku tidak sempat bertemu beliau lagi.

Ia telah berpulang,

Hari itu, 7 Maret 2010, Minggu, pukul 1.45 dini hari, RS Pusrawi, beliau telah berpulang ke rahmat Allah. Innalillahi wa inna illaihi roji'un. Selamat jalan sahabatku, Prof.Dr.Wahyudi....bersama doa, mengiringi kepulanganmu ke rahmat Allah SWT., Semoga Allah menerangi kuburmu, mengampuni segala kesalahan dan menerima segala amal ibadahmu. petuah, nasehat dan canda selama kenal dan dekat denganmu menjadi lembaran kenangan yang tiada terhapus, insyaAllah. Jihad ilmu yang telah engkau contohkan, insyaAllah ku ambil tauladan. Untuk keluarga yang ditinggalkan, semoga Allah memberikan ketabahan dan kesabaran. Amien.

2 comments:

Irwan Kurniawan said...

Amin..
Kunjungi juga website jurnal ilmiah kami di http://www.unand.ac.id/arsipua/sc/

Irwan Kurniawan said...

ralat
Kunjungi juga website jurnal ilmiah kami di

http://www.unand.ac.id/arsipua/sc/