Monday, January 19, 2009

Keberhasilan-Usaha-dan-Komitmen

Menjadi sukses adalah dambaan setiap insan, begitu juga aku pun demikian ... sebagai seorang manusia biasa, kita memiliki keinginan untuk mendapatkan keberhasilan. Namun keberhasilan seperti apakah yang kita inginkan ? atau keberhasilan apakah yang menjadi harapan kita ?

Mengambil satu petuah bijak dari kawanku di email, bahwa ...
jika kita seorang yang bijak (bukan pecundang) maka satu keberhasilan yang kita dapatkan, tidak perlu ditunjukkan dengan membandingkan dengan keberhasilan orang lain, namun satu keberhasilan yang semestinya dibandingkan dengan tujuan awal yang telah kita gariskan atau tuliskan dalam sanubari sebelum melangkah.

Jika kita sukses mencapai apa yang menjadi tujuan kita, tentunya kegembiraan yang tidak berlebihan dan kesyukuranlah yang seharusnya diwujudkan. Kesyukuran untuk meyakinkan diri untuk tetap berusaha, dan untaian terima kasih tentunya dipanjatkan kepada Illahi robbi, karena tidak ada keberhasilan tanpa izinNya.

Untuk melangkah menuju kesuksesan diperlukan usaha dan komitmen. Usaha, jelas....yang dimaksudkan disini adalah kerja keras. Tanpa kerja keras, adalah hampir mustahil cita-cita bisa tercapai. Kedua, adalah komitmen....setiap pekerjaan memerlukan komitmen. Komitmen disini menurutku ada 3 untaian, yaitu komitmen kepada Tuhan, ialah keyakinan diri bahwa manusia hidup dengan membawa amanah dan setiap amanah akan diminta pertanggungjawabannya...Komitmen kepada Tuhan akan menjaga usaha kita untuk berjalan pada track yang benar dan senantiasa berada pada wilayah "putih";
kemudian komiten terhadap ummat atau masyarakat, bahwa karya yang kita usahakan sebaik-baiknya akan ditujukan untuk kebaikan dan kemaslahatan umat. Sehingga, jerih payah yang kita lakukan bisa menjadi amal jariah dengan memberikan manfaat bagi masyarakat. Terakhir adalah komitmen terhadap diri sendiri, bahwa ketika amanah telah diberikan kepada kita maka kita perlu mengusahakan dengan sebaik-baiknya.

No comments: