Wednesday, September 10, 2008

10.09.08

Posting ini menarik, karena aku tulis bertepatan 10 September 2008, jika dituliskan dalam urutan numerik menjadi 10.09.08. Jadi, ini terjadi secara kebetulan saja...dan bukan mencari nomor jitu atau nomor keberuntungan (hehehehehe...)

Catatan ini ditulis, di akhir summer, di belahan bumi utara, tepatnya di distrik Scala, di provinsi Salerno, sekitar 2 jam dari Napoli, Italia. Dalam perjalananku untuk mengikuti international school of LARAM 2008.

LARAM adalah sekolah internasional untuk mahasiswa S-3 atau kandidat S-3 atau S-3 yang baru saja lulus/selesai. Mahasiswa LARAM diseleksi dari seluruh dunia yang mengirimkan aplikasi sejak 4-5 bulan sebelumnya. Tahun ini, terdapat 100 lebih aplikasi dari mahasiswa/kandidat PhD dari 17 negara. Komite ilmiah LARAM memberikan kuota 30 untuk mahasiswa asing (di luar Italia) dan 10 mahasiswa Italia. Alhamdulillah, namaku berada dalam list yang diterima. Di sekolah ini, aku belajar tentang bencana tanah longsor atau landslide dalam sekala yang lebih luas, dalam dan terintegrasi dengan merangkumi materi pemodelan, penilaian stabilitas, pengukuran risiko, manajemen dan mitigasi, pemetaan dan lingkungan. Cukup lengkap, padat dan tentunya berisi. Materi diajar oleh profesor pakar dalam bidang landslide yang diundang khusus oleh sponsor dan komite dari seluruh dunia. Alhamdulillah, syukurku kepada Illahi, bahwa Allah telah memberikan kesempatan kepadaku untuk belajar fenomena alam ciptaanNya.

Hari ini tepat hari Rabu, adalah 3 hari sejak kedatanganku di negara Pizza ini. Masa ini cukup panas di malam hari, mungkin dalam beberapa hari ke depan sudah mulai dingin. Makanan..hmmm, harus beradaptasi dengan yang namanya Pasta, Pizza dan yang pasti perlu ber-vegetarian dulu. Tepat, juga di bulan Ramadhan. Berbekal, mie "instant" yang telah disediakan isteriku tercinta, beberapa bungkus kue kering dan minuman instant; adalah bekalku untuk bersantap sahur setiap pagi. Melihat sekeliling "Scala", tak kutemukan islamic center atau yang sepertinya. Tapi, teman2 di LARAM sangat menghagai perbedaan agama ini. Thanks for this awardness.

17 hari, waktuku berada di negara Pizza ini. Jauh dari isteri dan anaku "Haya" tersayang. Kangen ... jelas dong. Salam sayang untuk mereka di negeri Jiran, Malaysia.

No comments: