Monday, June 9, 2008

Episode Riset Jalan Terus

Meskipun terseok-seok (bahasa puitisnya, hehehehe...), riset tentang teknik SASW untuk evaluasi jalan di Indonesia tetap berjalan. Masalah teknis, tentang pendanaan, masih menjadi sebagian besar kendala dalam perjalanan episode kedua riset kami. Meskipun demikian, episode riset kedua ini harus tetap berjalan.

Alhamdulillah ... kolegaku, telah memulai pengukuran dengan salah satu alat yang kami gunakan dalam riset ini di Bandung. Dua mahasiswaku juga telah dikirimkan ke sana untuk bergabung, sekaligus mereka bisa mengambil data untuk tugas akhirnya. Tinggal nanti, kami akan melakukan pengukuran ulang menggunakan alat SASW yang sedang kami tingkatkan kemampuan teknisnya untuk pengukuran modulus elastisitas jalan, rasio pelemahan bahan (damping), koefisien pengurangan (attenuation) dan profil lapisan serta ketebalan jalan. Kajian numerik dan simulasi tentang teknologi SASW untuk evalausi jalan bisa diambil dari paper kami disini.

Tujuan riset kami adalah menyusun satu instrumen mobile-SASW yang bisa difabrikasi dengan ilmuan lokal dan tentunya, komponen lokal. Sehingga, teknologi ini menjadi murah dan bisa digunakan oleh pihak terkait untuk melakukan pemeriksaan jalan dan menjalankan program PMS (pavement management system).

Dua proposal baru pun telah kami siapkan untuk mencari pendanaan riset di tahun 2009. Semoga, Allah membantu usaha ini.

No comments: