Wednesday, August 22, 2007

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Fast Growing University

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Fast Growing University

diambil dari : Trulyjogja
Trulyjogja.com >> Universitaria >> Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Fast Growing University

31/07/2007 10:52

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta saat ini menghadapi dua tantangan besar. Pertama, persaingan antar perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang sangat ketat sehingga kualitas menjadi kewajiban yang harus diperjuangkan. Dan kedua datang dari dunia kerja, yaitu perguruan tinggi harus mampu mencetak calon-calon tenaga kerja siap pakai dan siap kerja.

Menjawab tantangan tersebut, dalam kurun waktu 26 tahun ini, UMY telah menjalankan sebuah proses perubahan besar dengan tujuan mewujudkan Universitas yang unggul dan mencerahkan. Ini terdiri dari perbaikan kualitas sistem administrasi, sistem layanan, dan penambahan berbagai sarana dan prasarana untuk kepentingan civitas akademika.

Kampus terpadu UMY dibangun diatas lahan seluas 25 hektar. Sarana dan prasarana untuk menunjang proses belajar dan mengajar antara lain 51 laboratorium eksakta dan non eksakta, perpustakaan dengan koleksi lebih dari 10 ribu judul buku dan lebih dari 100 ribu jurnal elektronik dalam virtual library. Untuk mengasah bakat dan minat mahasiswa disediakan 26 unit kegiatan mahasiswa, mulai dari Kelompok Peneliti Mahasiswa (KPM), Drum Corps (DC), paduan suara, taekwondo, hingga sepakbola. UMY juga menyediakan resource centre seperti: American Corner, Sinologi, Pusat Studi Asia Pasifik, Ma'had Ali Bin Abu Thalib, dan berbagai pusat pengembangan yang terkonsentrasi pada jurusan. Selain itu, fasilitas kesehatan berupa poliklinik gratis dan asuransi kesehatan disediakan untuk dosen, karyawan, dan mahasiswa.
Iklim spiritual di UMY cukup kental dengan Integrated Islamic Based Curriculum serta pelayanan yang ikhlas, jujur, dan Islami. Berbagai prorgam pelatihan diselenggarakan untuk meningkatkan iklimspiritual tersebut seperti pelatihan customer service, manajemen perkantoran, pelatihan metoda pembelajaran, serta pelatihan pengembangan penelitian dan pengabdian pada masyarakat.

Jaminan karir
Sempitnya kesempatan kerja di Indonesia menjadikan tidak mudah bagi UMY memberikan jaminan pekerjaan bagi lulusannya. Namun demikian, sebagai wujud tanggung jawab moral dan sosial UMY terhadap mahasiswa dan alumninya, UMY memberikan jaminan karir melalui pembentukan Career Development Centre (CDC). CDC dibentuk dan dikembangkan untuk menyiapkan lulusan agar memiliki kompetensi dan kapabilitas yang sesuai dengan permintaan pasar. Dalam hal ini, CDC UMY mengarahkan lulusannya untuk masuk ke 3 jenis "pasar", yaitu dunia kerja, dunia bisnis / entrepreneurship, dan studi lanjut (S2).

Melalui interaksi yang terus-menerus dengan ketiga jenis "pasar" tersebut, mahasiswa diberi kesempatan untuk melihat masa depannya lebih dini, sehingga dapat melakukan persiapan yang lebih baik untuk menyongsong masa depan tersebut. CDC memposisikan pihak penyedia kerja (dalam hal ini industri swasta atau pemerintah) sebagai mitra pendidik bagi perguruan tinggi dalam hal membina profesionalisme mahasiswa baik dalam bidang yang lebih spesifik (melalui pelatihan teknis) maupun generik (melalui pelatihan soft-skills).

Bagi para lulusan yang berencana masuk ke pasar bisnis sebagai wirausaha, CDC juga memfasilitasi pengembangan jiwa kewirausahaan melalui berbagai program yang akan membentuk pribadi-pribadi yang berorientasi pada solusi, bukan pada masalah. Dalam melaksanakan perannya, CDC telah melakukan kerjasama dengan pihak Pemerintah dan Asian Development Bank, serta konsultasi melalui program Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP). CDC juga membuka partisipasi para pihak dunia industri untuk bekerjasama dalam memberikan masukan, arahan, dan dana guna optimalisasi implementasi program pengembangan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kerjasama Internasional
UMY menyiapkan strategi-strategi cerdas untuk bisa menghasilkan sarjana yang berkualitifikasi internasional. Tahun ini, UMY telah memiliki 1 kelas internasional dan 2 kelas khusus yang merupakan embrio dari kelas internasional. Program studi yang mengembangkan kelas model ini adalah Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, dan Akuntansi. Selain menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris, kelas ini juga memberikan fasilitas berupa pertukaran mahasiswa dengan PT di luar Negeri, pertukaran dosen, serta kesempatan mengikuti ajang-ajang kompetisi bergengsi di luar negeri.
Kerjasama internasional dilakukan tidak hanya untuk mahasiswa, dosen maupun karyawan UMY, namun juga untuk para lulusannya. Kerjasama melajutkan studi lanjut (S2) di beberapa universitas asing, kerjasama melanjutkan pendidikan profesi untuk memperoleh gelar yang berstandar internasional (seperti program Registered Nurse, hasil kerjasama program studi Ilmu Keperawatan dengan Australia) dan kerjasama untuk pengembangan institusi.

Atmosfer 'Internal Competition'
Persaingan yang dijalankan UMY tak hanya ditujukan pada pihak luar, tapi yang lebih penting, spirit persaingan ini juga ditumbuhkan di lingkungan internal. Masing-masing program studi atau jurusan didorong untuk selalu ber-fastabikhul khoirot atau berlomba-lomba demi sebuah kebaikan. Ini sudah dibuktikan dengan diperolehnya berbagai hibah bersaing dari pemerintah pusat. Dari 18 program studi yang dimiliki UMY, 11 program studi memenangkan hibah kompetisi A1, A2, dan A3. Selain itu empat unit pendukung memenangkan TPSDP-ISS yaitu Pusat Pelatihan Bahasa (PBB), Career Development Center (CDC), Badan Kendali Mutu (BKM), dan Badan Pengelola Sistem Informasi (BPSI). Kompetisi bergengsi ini diikuti ratusan program studi dari PTN/PTS di seluruh Indonesia. Total hibah yang diperoleh UMY sekitar Rp 27,8 Milyar. Hibah ini dimanfaatkan untuk berbagai macam program peningkatan kualitas program studi dan pengembangan serta pelatihan kompetensi civitas akademika di masing-masing program studi di UMY, serta pemberian beasiswa untuk mahasiswa.

Asrama Gratis
Akhir tahun 2006, UMY dipercaya oleh pemerintah melalui Departemen PU untuk mengelola asrama mahasiswa atau yang disebut dengan Rusunawa (Rumah Susun Mahasiswa). Rusunawa yang dihibahkan senilai 24 Milyar dan akan diwujudkan dalam bentuk 3 twin block (gedung kembar) yang bisa menampung lebih dari 750 mahasiswa. Rusunawa ini akan dikelola secara profesional dan memiliki program-program kegiatan yang menunjang soft skill mahasiswa. Dalam konsep pengembangannya, setiap mahasiswa baru (terutama yang berasal dari luar daerah) akan diwajibkan tinggal di Rusunawa ini selama 1 tahun. Rusunawa ini terletak di sebelah utara dan selatan kampus terpadu UMY di Tamantirto Kasihan Bantul.

E-Learning dan Internet Gratis
Untuk meningkatkan kualitas metoda pembelajaran serta motivasi mahasiswa dalam mengikuti kegiatan perkualiahan, UMY mengembangkan metoda pembelajaran on line yang disebut e-Learning. E-Learning dikembangkan untuk beberapa tujuan diantaraya adalah meningkatkan kualitas komunikasi dosen dengan mahasiswa, meningkatkan kompetensi mahasiswa untuk menjadi individu yang analitis, kritis, dan punya keingintahuan yang tinggi, membangun sikap pembelajar dan problem solver pada diri mahasiswa, serta memacu dosen dan mahasiswa untuk selalu up-dating informasi terbaru dari berbagai sumber referensi.

Untuk mendukung e-learning ini, UMY memberikan fasilitas HOT SPOT AREA dan INERNET GRATIS bagi mahasiswanya. Di samping itu sedang dikembangkan ruang belajar mandiri yang difasilitasi unit-unit komputer yang tersambung internet.

Program Studi
Komunikasi Iislam (A)Pendidikan Agama Islam (A)Ekonomi dan Perbankan Islam (B)Ekonomi Manajemen (B)Ekonomi Akuntansi (A)Ilmu Ekonomi (B)Ilmu Hukum (B)Ilmu Hubungan Internasional (A) : Kelas Reguler, Kelas InternasionalIlmu Komunikasi (B)Ilmu Pemerintahan (A)Kedokteran Umum (B)Kedokteran Gigi (Proses Akreditasi)Ilmu Keperawatan (C)Agronomi (B)Agrobisnis (B)Teknik Sipil (B)Teknik Elektro (B)Teknik Mesin (B)
Program Magister (S2)
Magister Manajemen (B)Magister Studi Islam
Program Doktor (S3)
Psikologi Pendidikan IslamPolitik Islam
Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
Jl. Lingkar Barat, Tamantirto, Kasihan, Bantul, Yogyakarta 55183 Phone: (0274) 387649 / 387656 Fax: (0274) 387646 website: www.umy.ac.id, e-mail: penmaru@umy.ac.id

4 comments:

Anonymous said...

assalaamu'alaikum pak sri Atmaja ...

wah blogger juga ya ...

----------
mhs UMY

Sri Atmaja P. Rosyidi said...

To:mhs UMY

wa'alaikum salam

..Yups...d'blogger juga, sembari menuntaskan disertasi doktor yang belum selesai-selesai, merehatkan pikiran ....

salam

VOC said...

Maju terus buat UMY Khususnya buat Komunikasi. Hidup komunikasi UMY!!

Sri Atmaja P. Rosyidi said...

to temen2 komunikasi di VOC...sukses selalu. Dukung selalu UMY, beri masukan membangun semoga ke depan menjadi semakin unggul dan mencerahkan.