Wednesday, May 30, 2007

Kuliah Perencanaan Transportasi CEC 716




Deskripsi Mata Kuliah :

Analisis dan perencanaan transportasi kontemporer (saat ini) mensyaratkan tidak hanya keahlian professional saja melainkan juga teknik dan teori permodelan yang handal dan terimplementasi dalam keahlian pengolahan perangkat lunak (software). Setelah beberapa tahun bereksperimen mengenai pemodelan, saat ini terdapat suatu model yang lebih baik dalam bidang perencanaan transportasi. Kuliah ini menjelaskan dasar-dasar pemodelan dalam analisis dan perencanaan transportasi dan mereview pemodelan yang berkembang saat ini. Topik utama dalam kuliah ini adalah perencanaan (pemodelan) transportasi yang bekaitan dengan suplai dan kebutuhan transportasi. Topik pertama mengetengahkan isu yang akan didiskusikan diantaranya : komponen dalam perencanaan transportasi, penjelasan komponen pemodelan dalam sistem model transportasi perkotaan, analisis pemodelan transportasi dalam topik-topik pemodelan kebutuhan yang terpilih . Topik kedua, mengetengahkan konsep interaksi suplai dan kebutuhan transportasi dan implementasinya.

Tujuan Perkuliahan :

  • Mempersiapkan mahasiswa dengan dasar dan teknik pemodelan yang terkini yang digunakan dalam analisis dan perencanaan transportasi.
  • Mengembangkan kemampuan dan kebutuhan untuk menerapkan secara baik (confidently) model kuantitatif dalam permasalahan di bidang tarnsportasi.
  • Mempersiapkan mahasiswa untuk penelitian akademik di bidang analisis dan perencanaan transportasi.
  • Menyediakan suatu forum untuk bertukar pikiran dan ide mengenai isu-isu yang berkaitan dengan analisis dan perencanaan transportasi.
  • Merekomendasikan isu-isu dan arahan penelitian bidang analisis dan perencanaan transportasi di masa yang akan datang.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai outline kuliah per minggu, SAP, GBBPP dan diktat perkuliahan, silahkan mengunjungi kami di http://comes.umy.ac.id/course/view.php?id=237

No comments: